Qurroti A'yun's Blog

Mari ekspresikan dirimu bersamaku !

Panduan Menjadi Guru Profesional May 16, 2009

Filed under: pendidikan,Resensi Buku — aaxu @ 2:03 pm

Cover Buku Menjadi Guru UnggulOleh: Qurroti A’yun*

Judul : Buku Panduan Praktis: Menjadi Guru Unggul
Penulis : Ahmad Barizi
Penerbit : Ar-Ruzz Media – Yogyakarta
Cetakan I : 2009
Tebal : 172 halaman

Bangsa yang berkualitas adalah bangsa yang maju pendidikannya. Karena pendidikan adalah penentu sebuah bangsa menjadi berkembang dan berkualitas. Kiranya komitmen dan cara pandang seperti inilah yang seharusnya dimiliki dan tertanam dalam pikiran semua orang dalam suatu bangsa. Karena pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi pembentukan karakter sebuah peradapan dan kemajuan yang mengiringnya. Karena itu, sebuah peradapan yang memperdayakan akan lahir dari suatu pola pendidikan dalam skala luas yang tepat guna dan efektif bagi konteks dan mampu menjawab segala tantangan zaman.

Pendidikan yang maju tidak bisa lepas dari peran serta guru sebagai pemegang kunci keberhasilan. Guru menjadi fasilitator yang melayani, membimbing, membina dengan piawai dan mengusung siswa menuju gerbang keberhasilan. Hidup dan mati sebuah pembelajaran bergantung sepenuhnya kepada guru. Guru mempunyai tanggung jawab menyusun strategi pembelajaran yang menarik dan yang disenangi siswa, yakni rencana yang cermat agar peserta didik dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar, dan tertarik untuk terus-menerus mempelajari pelajaran.

Sebagai tenaga pendidik yang memiliki kemampuan kualitatif, guru harus mneguasai ilmu keguruan dan mampu menerapkan strategi pembelajaran untuk mengantarkan siswanya pada tujuan pendidikan, dalam hal ini pendidikan agama misalnya, yaitu terciptanya generasi mukmin yang berkepribadian Ulul Albab dan insan kamil. Banyak model pembelajaran di sekolah yang bisa diaplikasikan oleh guru. misalnya, model pembelajaran secara terpadu, baik dengan pusat-pusat pendidikan -orang tua, masyarakat, dan sekolah-, maupun terpadu dengan materi lain.

Oleh sebab itu, guru harus memperolah tempat yang layak dalam pembangunan karakter bangsa serta menghargai dan sekaligus memberdayakan guru dalam konteks reformasi pendidikan adalah wajib hukumnya. Sebab, profesionalitas guru merupakan hal paling utama bagi keberhasilan suatu sistem pendidikan. Guru harus dihargai dan diberdayakan sesuai dengan prestasi yang dicapainya.

Namun pada kenyataannya tidak mudah menjadi seorang guru yang mampu menjadikan siswanya manusia yang berkualitas dan berakhlak karimah menuju arah kehidupan yang lebih baik, tentu saja membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sejumlah syarat yang yang dapat menjawab tantangan dan peluang pembelajaran serta menyusun strategi pembelajaran yang unggul dan profesional. Profesionalisme keguruan bukan hanya memproduksi siswa menjadi pintar dan skilled, akan tetapi bagaimana mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki siswa menjadi aktual. Di sinilah kepribadian profesional guru diidamkan.

Untuk itu, maka menjadi keharusan bagi semua kalangan yang sedang menggeluti dunia pendidikan, khususnya guru untuk membaca dan menjadikan buku ini sebagai acuan. Panduan untuk menjadi sosok pendidik yang unggul idaman semua siswa. Buku yang dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami ini memang pantas untuk dikoleksi. Secara gamblang buku “panduan praktis menjadi guru unggul” ini menjabarkan bagaimana menciptakan pembelajaran yang produktif dan profesional. Suatu usaha memodifikasi proses integrasi dan optimalisasi sistem pendidikan di sekolah, dengan harapan menjadi pedoman yang signifikan bagi proses pembentukan kepribadian siswa yang kokoh yakni intelektual, moral dan spiritual.

Tidak banyak buku yang berorientasi pada bagaimana menciptakan sistem pendidikan di sekolah yang efektif, praktis dan operasional seperti buku karangan Ahmad Bahrizi, dosen sekaligus mahasiswa program Doktor pada program pascasarjana UIN Jakarta ini. Selain kerangka filosofisnya yang menggugah hati nurani, yang belum dimiliki oleh buku-buku lain. Setidakny hal ini bisa dibaca pada kerangka metodologis yang disajikan dengan lugas dan populer serta praktis dikembangkan ke berbagai sistem pendidikan yang ada. Baca lebih dalam dan tuntas pembahasan buku ini, panduan lengkap bagaimana menjadi seorang guru yang unggul sehingga dapat mencetak pribadi yang berkualitas dan berakhlak karimah.

*) Qurroti A’yun, S.Pd.I.
Mahasiswi Program Pascasarjana UIN Malang dan Guru SD  Bertaraf Internasional “Bani Hasyim”  Singosari Kab. Malang.

About these ads
 

29 Responses to “Panduan Menjadi Guru Profesional”

  1. banyak sekali kita temui hakim,jaksa polisi yang tidak memiliki mentalitas PENEGAK HUKUM;dokter, perawat yang tidak memiliki mentalitas PENOLONG;dosen,guru yang tidak memiliki mentalitas PENDIDIK.

    mungkin saat rekrutment pegawai harus melalui tes psikologi.

  2. wandi pranata Says:

    mantap, lanjutkan…………………………………..setuju dengan artikel anda, ternyata saya juga pengen seperti anda penulis dan pandai yang bisa mengelola anak-anak menjadi hebat dan berkualitas. saya guru mi swasta mbak mohon doronganya

  3. nurina Says:

    saya sudah baca buku ini. menjadi reverensi bagi kami calon guru yang akan mengajar dikelas… doakan ya !!!!

  4. montic Says:

    menjadin guru apa memang sesulit itu?

  5. budisan68 Says:

    kunjungan pertama mengesankan, semoga terjalin tali silahturahmi antarguru. salam kenal dari kalimantan tengah

  6. [...] profil Guru Profesional ? Guru profesional AHLI DALAM BIDANGNYA. Bagaimanakah Guru Profesional Meningkatkan Profesi ? Apakah Tugas Pokok Guru Profesional ? [...]

  7. Guru (?) …. saya seorang guru, disekelilingku banyak guru, … Guru (?) … antara harapan dan kenyataan yang masih ada …
    ………………..

  8. Bintang Mukhabbah Says:

    Guru…
    Menjadi guru yang profesional benar-benar butuh usaha dan kemauan yang keras
    pendidikan,sosial dan agama
    harus diperhatikan betul. kayaknya susah ya jadi guru?????

  9. reni jasani Says:

    mbak.saya ingin banget menjadi seorng guru. skrng sy da ngjr…. sy da bc stap sms yg dtng’ kyknya menrk mbk. sy ingin tany, gmn cr hlng kn grogi?

  10. Blognya sangat bagus dan isi blognya cukup menarik. Anda Membutuhkan Informasi Tentang Masyarakat Suku Pakpak. KUNJUNGI SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT HARGA BAHAN-BAHAN PERTANIAN, HASIL BUMI BERUPA NILAM, KEMENYAN, KOPI, ADAT-ISTIADAT, PEMBANGUNAN DAERAH DAN LAIN-LAIN DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  11. Sukma Says:

    BRAVO…semoga para guru membaca artikel ini…

  12. AKI TEPHOS Says:

    Assalamu’alaikum bu Guru.. ! posting terus. Apalagi kalau dibuat sitematis, latar belakang harus Profesional, penyebab yg menimbulkan banyak guru tidak profesional, terussss…. syarat-syarat menjadi guru yang profesional dlsb… pasti makin banyak yg melacak.
    salut.. buat bu guru…!

  13. ideguru Says:

    artikel yang bagus, siip mantap, lihat juga blog guru Indonesia, mari kita kampanyekan blog bagi guru Indonesia

  14. kamaruddin Says:

    sangat perlu untuk mendefinisikan kata profesional pada pekerjaan guru. Kita masih dipengaruhi oleh kata profesional pada bidang pekerjaan lain sehingga tuntutan terhadap guru demikian luar biasanya. Jangan lupa, bahwa obyek yang dihadapi, diolah adalah obyak yang bisa bergerak baik menurut maupun melawan, suka atau terpaksa. Jika demikian halnya.. maka antara tuntutan dengan realita pekerjaan maupun pekerjanya itu sendiri ( baca : guru ) sangat berat untuk diwujudkan.

  15. danang bagus Says:

    semoga bu a’yun jadi guru yang baik dan tambah baik

  16. wegatama Says:

    assalamualaikum
    halo bu a’yun apakabarnya?
    bu postingnya bagus
    bu tolong ajarin aku mbuat wordpress!
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    D:

  17. adin 5b Says:

    Bu A’yun pa kabar?,postingnya bagus lho.Met berkarya ya bu.Bu,Ajarin aku buat wordpress donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.Adin 5b

  18. Amir Says:

    Bagus skli bgi guru ,mg ni bs mnjdi contoh bgi guru lain untuk lbih maju dan profesional..

  19. Nur Azis,S.Ag.M.Pd. Says:

    Guru Profesional adalah guru yang disiplin, komitmen terhadap tugas, dan iklas. Kalau tidak diikuti hal tersebut sangat sulit untuk jadi guru profesional

  20. Bangganya punya istri pinter …
    Salut … buat Bu Qurroti A’yun .. dan karyanya … tentu …

  21. suriyani Says:

    bu A’yun postinganya bgus bget bu,,,,trus brkrya bu,,,sukses slalu..

  22. suyani Says:

    Semoga saya bisa menjadi bu A’yun yang berikutnya…………….. sukses selalu!!!!!!!!!!!!!!!!!! terimakasih

  23. Suyani, SDN I Tanggulangin, Klirong KBM Says:

    Ya Alloh, semoga Engkau selalu memberi petunjuk pada kami, agar kami menjadi pendidik yang bermutu, berkualitas, bermanfaat, dan barokah di dunia dan akhirat……………..salam kenal tuk bu A’yun!!!!!

  24. NIK AFFENDDY BIN MOHAMAD Says:

    aS Salam..mcamana mahu daptkan buku ini ya?

  25. waryono rizufa Says:

    alhamadulillaah artikel yang ibu tulis sangat bagus dan luar biasa, semoga dapat diterapkan dalam kehidupan oleh saya dan guru-guru di Indonesia, dan saya tunggu artikel lainnya, makasih…..semoga sukses slalu….

  26. Anonymous Says:

    cara beli buku itu gimana via online?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.