Qurroti A'yun's Blog

Mari ekspresikan dirimu bersamaku !

Rangsangan Kecerdasan Anak Genius December 12, 2008

Filed under: pendidikan,Resensi Buku — aaxu @ 1:23 pm

Judul : Cerdas dan Kreatif Melalui Permainan

(100 Permainan Genius untuk Anak

Penulis : Grace Jasmine

Penerjemah : Pungki K. Timur, S.Pd.

Penerbit : Locus Yogyakarta

Cetakan I : Mei 2008 Tebal : 192 halaman

Oleh: Qurroti A’yun, S.Pd.

Mempunyai anak ceria, sehat dan cerdas tentu merupakan dambaan bagi setiap orangtua. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu membuat setiap kegiatan sehari-hari bersama balita kita dapat dilakukan dengan menyenangkan. Setiap kegiatan gunakan sebagai arena bermain. Bermain merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang suka bermain.

Namun, pada keyataannya sebagian orang tua masih berkonotasi negatif terhadap kegiatan bermain. Mereka berpendapat bahwa bermain adalah kegiatan yang tidak berguna dan menjadikan anak malas untuk bekerja dan belajar. Padahal anggapan seperti itu tidaklah tepat karena justru dengan bermain akan menimbulkan kreativitas pada anak, mengembangkan tingkah laku sosial anak, dan mempengaruhi perkembangan jiwa anak.

Dunia anak sejatinya merupakan dunia bermain yang mengasyikkan, terutama di usia dini. Oleh karena itu, para pakar psikologi perkembangan anak banyak menciptakan metode-metode bermain kreatif untuk menunjang pertumbuhan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak usia dini. Melalui aktivitas bermain yang dikemas secara edukatif, pasalnya anak-anak sedang belajar banyak. Bermain sambil belajar tentang banyak hal.

Mengingat pentingnya permainan bagi anak-anak, khususnya bagi balita kita maka sebagai orang tua kita perlu menyodorkan berbagai macam permainan pada balita kita. Jangan batasi balita kita dengan satu permainan saja. Tawarkan permainan yag lebih variatif dan menyenangkan. Sehingga dengan begitu akan terangsang kreativitasnya. Misalnya, jika kita sedang membersihkan kamar tidur, maka ajaklah balita kita dalam kegiatan tersebut.

Tunjukkan nama benda-benda yang ada dalam kamar kita, hingga dia tahu dia sedang berada di kamar tidur. Atau dalam kegiatan-kegiatan yang lain yang tentunya dapat bermafaat buatsi kecil. Belajar sambil bermain memang sangat menyenangkan. Karena tanpa kita sadari balita kita telah belajar banyak hal dengan cara bermain.

Jika anda merasa kesulitan dalam menciptakan permainan-permainan yang kreatif dan bervariasi, maka anda tidak perlu merasa khawatir, karena kini telah hadir sebuah buku yang khusus menawarkan permainan-permainan sederhana yang midah diikuti dan tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus. Dengan mencoba memanfaatkan benda-benda yang sudah ada di rumah. Selain menyenangkan permainan ini juga menjadi media untuk mencurahkan kasih sayang pada anak, sehingga anak merasa disayang dan dicintai.

Uniknya, selain mengetengahkan berbagai permainan yang menyenangkan, tidak mahal, menggairahkan, sekaligus merangsang otak kanan putra dan putri anda, buku yang cerdas dan kreatif ini juga menyajikan dua bentuk permainan. Bentuk pertama berisi permainan yang bisa dimainkan di dalam ruangan dan bentuk kedua berisi permainan yang bisa dimainkan di luar ruangan.

Permainan di dalam ruangan bisa dilakuakan dengan memanfaatkan ruangan-ruangan yang ada di rumah, sehingga permainan ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan ruangan-ruangan yang ada di rumah pada balita kita. Sedangkan permainan di luar ruangan disusun dengan memanfaatkan perubahan musim, bulan, dan hari besar sehingga balita kita akan memperoleh berbagai jenis rangsangan dari lingkungan yang selalu berubah.

Bersama buku “Cerdas dan Kreatif Melalui Permainan: 100 Permainan Genius untuk Anak” karangan Grace Jasmine, dengan judul asli “Quick and Fun Games For Toddlers” berbagai aktivitas permainan menyenangkan dapat dimainkan bersama balita kita.

Secara tidak langsung balita kita akan mengenal lingkungannya dengan baik sekaligus memulai kegiatan sosialisasi pertamanya. Karena anak dengan kecerdasan emosional akan lebih mudah mengenali, mengendalikan emosi dan perasaan antar sesama. Tak heran ketika anak yang memiliki kecerdasan emosional akan lebih disukai oleh lingkungannya.

*) Qurroti A’yun, S.Pd.I.
Guru SD Bertaraf Internasional “Bani Hasyim” Singosari Kab. Malang dan Mahasiswi Program Pascasarjana UIN Malang.

 

8 Responses to “Rangsangan Kecerdasan Anak Genius”

  1. aaxu Says:

    KEEP SPIRIT !!!

  2. multimedia Says:

    Blog Bapak Bagus, salam kenal dari kami, siswa-siswi SMK Negeri 8 Semarang.Kunjungi kami di http://www.multimediasmknegeri8semarang.blogspot.com. Thank U

  3. Michael Tim Says:

    I love your site!

    _____________________
    Experiencing a slow PC recently? Fix it now!

  4. KAPRAWI IMYUH SPdI Says:

    lo cantik pinter gua salut kita sama sama satu profesi gua pingin kenal boleh nggak, salam kenal aje, kalau masih singel pingin buat jadi mantu biar cucunya genius kayak maknya, bapak guru SD TMT Maret 1977 pengalaman mendidik dari talang kedusun dari dusun kusungai dari sungai ketanjung mulai dari SD bobrok sampai SD yang sedang Kepsek 20 thn di MTs kepsek 6 thn sekarang momong siswa SD Kelas 2 sebanyak 37 orang diSDN No 1 Gelumbang alhamdulillah sudah sertifikasi 1 tahun pinginnnya tidur dibawah papan tulis supaya siap terus tapi kenyataan siswanya tidak siap. ini no telp gua 081532850958

  5. saleh Says:

    Ass..wr..wb.

    barangkali masikh ada tips yang lain mbak untuk mengarahkan anak lebih memahami tanggung jawabnya. Kadang kami sering memperhatikan anak kami yang no 2 kenapa kurang mempunyai kesabaran dalam mengerjakan tugas 2 sekolah. Meskipun sebetulnya pada akhirnya dia bisa menyelesaikan tugas tersebut. tq. Salam kenal

  6. SUBHAN Says:

    ane pengen gabung dengan komunitas guru, berbagi pengalaman dan berbagi masalah yang ane hadapi di kelas

  7. nopa Says:

    hmmm…bagussssssss….🙂

  8. nopa Says:

    tolong dong share kan kelebihan dan kelemahan buku tersebut..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s