Qurroti A'yun's Blog

Mari ekspresikan dirimu bersamaku !

Mengenal Anak Hiperaktif Sejak Dini February 20, 2008

Filed under: pendidikan,Resensi Buku — aaxu @ 11:37 am

cover-buku-anak-hiperaktif.jpg

Oleh: Qurroti A’yun*) 

Judul : Anak Hiperaktif: Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi
Penulis : Ferdinand Zaviera
Penerbit : Ar-Ruzz Media – Yogyakarta
Cetakan I : Juni 2007
Tebal : 184 halaman

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya lahir dengan selamat dan normal, baik secara fisik, perilaku maupun mental. Namun, bagaimana jadinya jika pada kenyataannya bahwa anak mereka harus mengalami ketidaknormalan. Tidak mudah ketika orang tua harus berhadapan dengan kondisi anak yang seperti ini. Lazimnya seperti halnya gejala autis dan hiperaktif yang sering terjadi pada anak-anak.

Gejala autis dan hiperaktif adalah termasuk gangguan yang disebabkan oleh perkembangan otaknya yang tidak normal. Sehingga membuat pertumbuhan sang anak menjadi tidak biasa. Pada awalnya gangguan seperti ini tidak tampak pada usia batita, baru dapat dipastikan saat menjelang masuk sekolah atau di atas usia 4 atau 5 tahun.

Akan tetapi, tidak semua perhitungan umur seperti ini bisa dijadikan sebagai patokan yang pasti. Karena batasan usia terkena gangguan semacam ini memang bervariasi. Bisa jadi seorang anak justru mengalami gangguan ini pada usia batita. Oleh karena itu orang tua harus selalu waspada dalam menghadapi setiap perkembangan anaknya.

Untuk itu, sepatutnyalah orang tua memiliki pengetahuan yang cukup mengenai gejala gangguan-gangguan yang rawan terjadi pada anak-anak tersebut. Berdasarkan yang demikian itu- sebelum hal-hal tersebut terlanjur terjadi- alangkah baiknya jika anda para orang tua untuk membekali diri salah satunya dengan membaca buku “Anak Hiperaktif; Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi” karya Ferdinand Zaviera, pria keturunan Jawa-Inggris ini.

Setelah lulus dari salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Yogyakarta tahun 2003, penulis belajar mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan dan kemudian terjun ke dunia anak-anak. Kecintaannya kepada anak-anak mendorong dia untuk menulis buku ini. Ditambah beberapa naskah variatif lainnya yang masih tentang seputar dunia anak-anak.

Lewat buku ini orang tua akan diantarkan untuk dapat memahami dan mengerti bagaimana hiperaktif dan gangguan konsentrasi itu, serta bagaimana cara menghadapinya. Sehingga bila anaknya menampakkan gangguan seperti ini, orang tua bisa langsung tanggap dan memberikan langkah-langkah yang tepat dan benar.

Selama ini masih banyak orang tua yang tidak faham akan gejala-gejala gangguan tersebut. Sampai-sampai melakukan kesalahan dalam menilai perkembangan anak. Misalnya, terburu-buru melabeli (menjuluki) anaknya sebagai anak yang nakalyang suka bikin onar. Sikap yang keliru seperti inilah yang hanya akan menambah parah perkembangan jiwa dan juga bahkan fisiknya. Padahal, segala perilaku anak yang mengalami gangguan tersebut bukanlah keinginan sang anak. Tetapi karena memang ada gangguan pada saraf dan otaknya.

Sekilas memang sulit untuk membedakan mana anak yang termasuk mengalami gangguan, dan mana anak yang tidak termasuk mengalami gangguan. Pada dasarnya balita yang aktif adalah wajar, karena inilah usia di mana anak sedang giat-giatnya mengeksplorasi lingkungannya. “Dalam rentang usia itu balita berada dalam fase otonomi atau mencari rasa puas melalui aktivitas geraknya. Tapi lain halnya kalau ia terlalu aktif atau malah hiperaktif, maka tentu saja ini tidak wajar” tegas dr. Dwijo Saputro, psikiater anak dan pimpinan “SmartKid”, klinik perkembangan anak dan kesulitan belajar di Jakarta.

Tapi sekarang, dengan hadirnya buku “Anak Hiperaktif; Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi” ini, orang tua tidak perlu cemas mengalami kesulitan lagi untuk mengenal anak hiperaktif sejak dini. Secara umum dapat diamati bahwa cirri-ciri anak hiperaktif adalah anak yang cenderung selalu mengganggu  teman, tidak bisa diam, kemampuan akademik tidak optimal, kecerobohan dalam hubungan sosial, sikap melanggar tata tertib secara implusif, serta mengalami kesulitan konsentrasi dalam belajar. Kemungkinan cirri-ciri perilaku seperti ni akan mewarnai berbagai situasi dan dapat berlanjut hingga dewasa jika tidak segera diobati.

Gangguan hiperaktif ini secara luas di masyarakat dikenal sebagai turunan dari “Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD)”. Apabila gangguan ADHD/hiperaktif ini tidak diobati, maka pada akhirnya akan menimbulkan hambatan penyesuaian perilaku sosial dan kemampuan akademik di lingkungan rumah dan sekolah. Akibatnya perkembangan anak menjadi tidak tidak optimal dengan timbulnya gangguan perilaku dikemudian hari.

Untuk itu, buku ini sangat cocok dan penting untuk dijadikan sebagai buku panduan bagi orang tua agar dapat mengenali lebih dini gangguan-gangguan semacam itu. Karena pada dasarnya penanganan anak penderita hiperaktif (ADHD) dalam bentuk terapi perilaku atau obat tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak ditunjang oleh sikap kedua orang tuanya. Sikap kasih sayang dan perhatian yang cukup, serta mampu memahami kondisi si anak berdasarkan gangguan yang ia alami.
*) Qurroti A’yun,
Guru Al-Islam SD “Bertaraf Internasional” Bani Hasyim Singosari – Malang

 

86 Responses to “Mengenal Anak Hiperaktif Sejak Dini”

  1. missunita Says:

    Idealnya kita tidak terjebak dengan segala macam label bagi anak, utamanya label-label negatif. Masalahnya sekarang banyak orang tua yang menganggap anaknya hiperaktif karena sulit berkonsentrasi. Padahal sudah jamak kalau tenggang konsentrasi anak memang masih pendek. Memang seharusnya masyarakat kita diberi gambaran yang jelas tentang istilah hiperaktif ini, agar tidak menyesatkan sehingga memberikan label yang gegabah.

  2. Cha Says:

    Anak hiperaktif memang selalu ditemukan diberbagai kondisi dan tempat khususnya pada sekolah TK dan Sd,dan tak dapat dipungkiri harus ada usaha optimal agar anak hiperaktif disuatu kelas tidak menyebabkan dampak yang buruk kepada anak yang lain

  3. mif Says:

    makasih ya sumbernya……….

  4. fajar Says:

    tulisan anda bagus. terimakasih refrensinya.

  5. Darwis Says:

    Salut. Cuma sy msh bingung, anak saya termasuk aktif atau hiperaktif ya? Di usianya yg hampir 4 tahun, sulit banget diajak belajar dan konsentrasi. Terima kasih referensinya.

  6. suyatno Says:

    Hiperaktif adalah sebuah kenyataan yang perlu didesain agar memberikan dampak bagi perkembangan anak senyatanya

  7. Mikan Says:

    thx sarannya,,,

    ad saran gag buat karya ilmiahKu??

    kbetulan judulnya, cara mengatasi anak hiperaktif,,

    maklum ini karya ilmiah pertamaKu,,

  8. Michael Tim Says:

    I love your site!

    _____________________
    Experiencing a slow PC recently? Fix it now!

  9. mar Says:

    mampir nieh….
    sekalian numpang tanya,…
    ketika membuka blog ini, di address bar muncul image. caranya meletakkanya bagaimana ?
    mampir ya ke blog saya…

    http://www.pertapaan.wordpress.com

  10. Neti Prihatina T Says:

    Terima kasih untuk tulisannya, kebetulan saya lagi bingung bagaimana cara menangani anak hiperaktif

  11. etha Says:

    anak aq hiperakif ga ya,dia ngomongnya agak krg lancar,n telat bicara br bs ngomong umur 3.5th. ga bisa diam n konsentrasi kurang

  12. yenny Says:

    Ass.Saya mau menanyakan bila ada seorang anak baru menyadari klo ada yg tidak beres dalam dirinya,,ketika berumur 21 tahun kemudianmerasa kurang nyaman dengan apa yang terjadi dalam dirinya yang kemudian dia telah konsultasi dgnpsikolog,ataupun psikiater,,apakah ada kiat2 lain utk mengatasi hambatan dalam dirinya,,hubungannya dengan ADHD yg diderita,

  13. agustina kusuma dewi Says:

    menjadikan anak hiperakif yg kita punya menjadi bintang kehidupan bagi orang tua, benar2 membutuhkan tenaga extra kalau perlu pengorbanan besar akan cinta kasih, untuk menjadikannya menjadi no. 1 di dunia.

  14. jumardin Says:

    Ass… terimakasih ntuk semuanya yg telah memberi solusi pada kami selaku OrangTua yg punya Putra maupun Putri yang Hiperaktif, memang Kita perlu Kesabaran, Tenaga, bahkan Biaya yng sifatnya “Extra” ntuk menangani Buah Hati Kita yng Mungkin bagi sebagian Orang adalah kekurangan tapi bagi saya adalah satu Kelebihan yg tidak semua Orang memilkinya….thanks…

  15. sri agustini Says:

    saya baru baca artikel anda, dan thank`s bgt krn sy jadi lebih mengerti bgmn sebenarnya seoarng anak yg heperaktif. anaksaya berumur 5 tahun ( 6 agt.2009 ) nanti. nanti akan naik ke TK B. masalah yg sy hadapi sekarang setiap sy jpt anak sekolah gurunya selalu blg kalau anak sy susah sekali konsentrasi dan suka asyik dengan keinginannya sendiri , mis. guru menerangkan cara menulis anak saya malah ingin mewarnai. walaupun dirayu dia tetap kukuh ingin mewarnai begitu juga hari selanjutnya. guru tsb memfonis kalo anak sy hiperaktif. sy sgt takut . umur
    3 th saat skl ply grp. ada dr. psikolog di skl nya dan anak sy sempat di tes dan dinyatakan tdk heperaktif. tolong bantu sy, sy sgt cemas dengan keadaan anak saya. anak sy laki – laki. mohon bimbingannya apa yang hrs sy perbuat. terimakasih sebelumnya.

  16. alfi Says:

    betul sekali yang teman2 katakan karena saya mengalami apa yang teman2 alami yaitu merawat anak hiperaktif mesti dengan penuh kasih sayang dan banyak berkorban. saat itu usianya baru 3,5 tahun ketahuan namun dengan segala macan cara tanpa obat-obatan alhamdulillah bisa mendekati normal, bisa masuk sd biasa di usianya yang 7 tahun. terima kasih tk basic 5 sekolah yang telah membimbing anak saya hingga selesai

  17. rick Says:

    i want to know more about hyperactive and who the researcher.tq

  18. evi saragi Says:

    anakku perempuan, 5 tahun, kalau di rumah jarang bisa duduk lama. senengnya jalan-2 sambil menceritakan sesuatu dgn gaya bahasa seperti bahasa iklan atau sinetron atau penyiar tv. kalau di sekolah dia bisa duduk diam dan cenderung pendiam nggak mau ngomong. apa anakku hiperaktif? thank’s

  19. siany anastasia Says:

    saya tertarik dengan buku anda.dimanakah saya bisa membelinya?

  20. siany anastasia Says:

    saya tertarik dengan buku anda.dimanakah saya bisa mendapatkannya?

  21. yeni Says:

    sy sangat tertarik dengan buku anda.dimana kira2 sy bs mendapatkannya? sy sudah kewalahan menghadapi anak sy yg hiperaktif.di sekolah tidak bs tenang dan tidak mau mengerjakan tugas sampai tuntas. bila dipaksa pasti akan teriak.teriakannya mengganggu teman2nya.terima kasih

  22. Helmin Says:

    Saya tertarik pada buku anda yang berjudul “Mengenal anak hiperaktif sejak dini”. Saya tinggal di Pontianak (kalimantan barat), apakah buku anda ada dijual di Pontianak, kalau ada dimana saya bisa mendapatkannya. Thank’s

  23. AYAKA Says:

    menghadapi anak hiperaktif, butuh kesabaran tingkat tinggi. tapi seru kok…

  24. febri Says:

    Thx atas informasinya. Mmg betul kt sbg orgtua dari anak yg memp gannguan konsentrasi hrs bs lbh besabar dalam menghadapi mrk, krn sesungguhnya kebanyakan dr mrk adalah anak2 yg pandai

  25. khuzaima wati Says:

    anak saya berusia 4 th lebih,dia belajar hanya hal2 yang dai sukai,tidak punya motivasi untuk mendapat nilai bgs,cenderung cengeng,lebih suka melanggar aturan yang saya buat jika dminta melakukan tugas yang dia tidak mau,susah konsentrasi,tp di sekolah tmasuk anak penurut dan tidak bikin ulah sangat berbeda saat dirumah.Apakah saya memerlukan terapi khusus untuk menghadapi dia?

  26. Maria Ulfah Says:

    Anak ketiga saya usia 5,4 tahun, perempuan sudah sekolah PG 2 tahun, TK A 1,5 tahun. belum bisa bicara kalau minta sesuatu memakai gerakan tubuh, misalnya menarik baju. Disekolahan tidak mau diam, ada aja yang dikerjakan tapi kalau sudah capek di sekolah tidur. Terapi wicara dan SI selama 3,5 tahun. Terapi alternatif ada tiga tempat yang pertama dipijat, (diberi obat dan dipijat) dan sekaligus obat dan pijat. Diagnosa dokter, anak saya bukan autis hanya kurang stimulasi sejak kecil karena hasil observasi dia mau main dengan boneka, renang, mandi bola, diajak bicara ada respon dan mata fokus biarpun hanya sebentar. Kalau pergi pinginnya ke warung atau minimarket untuk beli es krim atau minuman dan makanan ringan, dia suka membaca atau melihat-lihat buku-buku tentang masakan, buah dan mobil. Suka nonton kaset DVD film anak-anak. Saya mulai sadar anak ada keanehan sejak umur 2 tahun, Katanya terapis alternatif anak kebanyakan obat atau dosis tinggi, pernah jatuh dan syaraf tukang belakang ada benjolan sudah tahunan, sehingga menggagu alat wicaranya. Sampai sekarang saya terus berusaha dan berusaha sampai dia bisa bicara layaknya anak normal. Ya Allah berikanlan Mukjizat terhadap mutiaraku.. amin.

  27. ristia Says:

    salam kenal bu…..
    saya mempunyai adik yang hiperaktif dan kedua ortu saya sudah berusaha sebisa mungkin untuk menyembuhkanya tapi hasilnya nihil.dari kepisikolog,dokter saraf dan juga kiai.saran yg di berikan mereka berusaha di lakukan ke 2 orang tua saya.tp tanpa hasil…..???? yg bikin ibu saya setres adalah karna adik saya sudah kelas 5 dan bentar lg mau kelas 6 namun dia msh sulit untuk berkonsentrasi.ibu saya kuatir kalo nikainya tidak akan maksimal padahal fasilitas dia di banding temanya lebih lengkap.mulai ngaji sampai pelajaran kedua ortu kami memperivat kanya.yang ibu saya heran jika dia dikasih soal ma guru lesnya,atau dikasih ibu saya dia bisa mengerjakan namun jika di sekolah dia tidak bisa padahal soal itu sama…..???menurut ibu km sebagai keluarga harus bagai mana…….?????

  28. ika Says:

    iya gimana ya buu.. kayaknya anak saya juga tergolong hiper aktif. boleh saya beli bukunya??

  29. riska Says:

    Saya mw tanya,kalo masih bayi cara ngeliat dia hiperaktif ato ngga gmn ya?ciri2 nya apa?soalnya anak saya ga mau diem,gerak gerak terus.tp kl perkembangannya tergolong cepet.umur 7 bulan dah bs merangkak.tolong kasi tau ya.

  30. Emi S Says:

    Anak saya nomer 2, umur 7 tahun dan sudah kelas satu SD, setelah saya membaca infrmasi tentang hiperaktif, sepertinya ada beberapa kemiripan dengan ciri-ciri dari penjelasan Hiperaktif dgn anak saya. Memang kadang suka mengganggu/usil dgn temannya, tidak bisa diam, kadang kalau belajar krg berkonsentrasi. memang kalau kita tanggapi kebiasaan tersebut dengan kurang sabar, anak jadi ketakutan/diam. Tetapi dengan sabar dan sayang Insya Allah mereka akan menuruti aturan kita. Selamat Mencoba

  31. jeehan Says:

    Basically, saya setuju bila penanganan anak Hiperaktif adalah dengan kasih sayang, perhatian, ketegasan dan kerjasama. Saya percaya bila lingkungan penuh cinta akan membantunya untuk survive dan mmapu mengambil peran dalam lingkungannya.

  32. dian saraswati Says:

    saya mau,ty? anak saya laki-laki umur 3th,belakangan ini perilakunya sangat merepotkan saya,sering saya dibuat marah dengan tingkah lakunya,saya amati selama dia tidak tidur dia selalu bergerak,baik main sendiri,menggoda,sampai mengunci saya di kamar mandi.apakah anak saya tergolong anak yang hiperaktif……

  33. Neny Says:

    Saya punya adik yang hiperaktif umurnya 17 tahun tapi dia belum bisa mandiri. Kalau untk pengobatan Apakah mungkin masìh bisa?atau mungkin sudah telat?

  34. juza Says:

    hiperaktif anak cenderung atau mulai kelihatan pd usia brp ya

  35. HERI Says:

    anak saya trmsk hifer aktf bukan ya,skrng u 17bln jalan dr u 11 bln tP utk bicara blm bs, kl tdk tdr tdk bs diam thx

  36. rika Says:

    anak saya tak bisa diam ga mau duduk anteng juga telat bicara tapi mengerti apa yg saya bicaraka apakah termasuk?

  37. dj Says:

    saya wanita berumur 20th,,
    selalu gagal dlm berkonsentrasi aplg membaca,, kalo lg baca ad yg ngmng psti ngulang lg dr atas,,
    tkadang saya suka meloncat dn bteriak2 dkampus pdhl gak ad acara apa2,, dn dr tk-sma saya suka skali berlari mengejar, memukul, bhkan memanjat pagar,,tdur muter2 smpe jatoh,, bdan gk pnh bsa diem,,
    tdk pnh capek melakukan aktivitas,,*saya sndiri bingung kalo dtnya knp,,
    tp dsatu sisi tkdng saya gak bisa dganggu/diajak berkomunikasi pd hr2 tertentu,, kalo dipaksa psti saya akn menangiss dn sngat kesal,,,
    saya merasa sngat puas dlm berimajinasi,,
    IQ saya selalu pling tinggi dsekolahann,,tp ingatan saya buruk,,saya selalu bisa merasakan ap yg org lain rasakann bhkn tkdg ap yg tjadi,,

    kk saya pria berumur 22th,,
    ktika dia brmain games pc/menonton tv,,
    tdk akn menengok ktika dpanggil ktika disentuh baru dia kaget,,
    slalu melakukan hal yg monoton setiap harinya,,
    mata tdk pnh fokus dr kecill,,
    ingatannya kuat bhkan dia hafal peta dunia,,

    adik saya pria berumur 17th,,
    pendiam,,gak pnh keluar rumah,,jarang bicara dsekolah/drumah,,

    apa kami memiliki kecenderungan autis/hiperaktif??

  38. adita rahman Says:

    Anak kebutuhan khusus (special needs children) adalah anak-anak yang dilahirkan secara istimewa dan berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Anak-anak ini diamanahkan pada orang tua-orang tua yang juga istimewa. Karena berbeda dengan anak kebanyakan, maka penanganan anak kebutuhan khusus memerlukan cara yang khusus pula. Berikut ada salah satu solusi menangani anak autis dengan SEFT (tehnik yang menggabungkan psychology dengan spiritualitas).. lebih lengkap di http://www.seft.co.id/abk.php

  39. diah Says:

    putra ketiga saya,brusia 5th 9 bln ini,mempunyai sikap yg kadang tdk di mngrti,kalu dia punya kinginan harus’usil,tdk takut pd siapapn’tdk bs diam,kalu ngambek tdk spt anak2 yg lain,minta susu saat dia asyk nonton posisi dkt dgn lemari,klu dia ingin susu ckp dgn mnendang lemari, trkadang pipis d celana,kadang mma ny sengaja d pipisi,smpi hp pn di pipisi nya’bgtulah cr dia kesal pd sesuatu’ atau kinginan yg tak tercapai trkadang dia nekad utk mnybrang jln tanpa hrs mnoleh lg,atau prnah jg mncba mloncat’dia tdk prnh brpikir klu itu mmbahayakn diriny,tp dlm blajar brhitung dan mmbaca dia cpt tanggap’klu org mngejek kekurangan ny’dia jd minder/malu bgtu jg sbalik ny’dia suka brmain dgn kapas2 rias mma ny,atau buku2 yg sdh d ancuri ny dgn air klu dia brmain yg sbnr ny tdk lah pts, dia amat tenang’apa lg klu .ruangan rmh sdh di bikin ny sarang laba2 benang yg d tarik ny dr tiap sudut,ap bila ada org yg tanpa sengaja mrusak ny,pd saat dia sdang asyk ny,dia akan sangat marah agar org itu mmbereskn lg spt smula,apa bila trnyata tak srupa dgn ny’dia akn sangt marah,hingga mmukul dan mncaci org itu’itu pun btuh wktu agk lama mnenang kn ny,sampai dia mrasa puas.saya hnya mnta d beri ksabaran yg tiada batas utk ank sy yg satu ini,walaupn trkadang dia mmbuat sy mnangis’ saya hnya ingin mmastikan keadaan nya.dan apa yg yg sharus ny kami lakukn utk buah hati sy ini,txs’

  40. Dian Says:

    Andai disampaikan juga beberapa tip dalam buku tersebut untuk anak hiperaktif, wah pasti bermanfaat sekali bu…….makasih.

  41. Eka Says:

    saya eka dr flores.saya py anak usia 3,5 th,dia kadang emang usil suka ganggu temannya,dan apa yg saya larang malah itu yg dia tambah lakukan.tp kl nonton dvd dia bisa serius.kl saya tegur dia susah mau dengarkan malahan tatapan matanya kemana mana.saya ingin membeli buku anda tp di flores susah,soalnya disini pulau kecil.susah mencari buku seperti itu.

  42. jojon Says:

    apa perbedaannya antara anak yang aktif dan hiperaktif, adakah ciri-ciri khususnya, dan adakah sekolah khusus yang menangani anak yang hiperaktif dari TK sampai SMU

  43. dani Says:

    anak hiperaktih memang gambang susah ya gambang sebenar ya tergantung apa yg kita kerjakan lah yayg penting di awasin benerlah ya ada sekolah hiperaktif tahu ya masalah harga sih bisa di nego lah asal anak ya mau apa enggak ya kalu mau nya jalain aja lah ya ka bisa aja lah dedengan sekolah hiperaktih ya 7 juta coaba aja lah ya barang kali sembuh ya lah ya

  44. dani Says:

    anak hiper aktif memang gambang susah kali ya sih ahrus pintar membagi waktu kali ya sih harus ya sih gitu kali ya sih mau ya sih gimana lagi ya sih ya lah masa ya sih ya anak hiperaaktif juga ada juga sekolah ya lagi ya sih ya ya sih ya ya sekitar biaya sih 7 juta kali ya sih ya

  45. hardiyal Says:

    anak say umur 1.5 tahun klu nangis suka meronta 2.kdang kplanya di sundurkan ke dinding.knp y?

  46. kartasiah Says:

    Terima kasiah atas tulisan anda semoga bermanfaat bagi orang tua yg mapunyai anak dengan ciri-ciri yg ada di tulisan ini.

  47. lita fatmawati hadi Says:

    Terima kasih atas informasix,saya punya anak namax fachry umurx 2thn 7 bln yg kebetulan anak saya jg tidak bisa diam alias hiperaktif. Anak saya ini sukax berantem2an ama kakakx trz kadang2 dia jg suka maen lempar mainan atau apapun yg ada didekatx. Apalg kalau misalx dia punya mainan trz diambil ama ka2kx dia suka tidak terima dan pasti dia coba cari sesuatu u dilemparkan keka2kx. Yg ingin saya tanyakan u hiperaktif itu sendiri ada berapa macam ya trz u kasus anak saya ini termasuk hiperaktif apa ya?? Cara u menanganix seperti apa? Terima kasih atas jawabannya. Salam

    Lita fatmawati hadi

  48. anto81x Says:

    apa bedanya aktif dan hiperaktif..?
    apakah anak hiperaktif dapat di ketahui gejalanya dari semenjak usia di bawah 1 tahun..?
    apa ciri-ciri anak hiperaktif dan anak aktif ?

  49. lia Says:

    pengen bukunya nih…
    ada dmn ya? ak stay dfi area malang nih

  50. lia Says:

    mau bukunyaaaaaaa, gmn dapetinya?

  51. supriadi i nyoman Says:

    sumbernya bagus. saya bisa kutip buat tugas kuliah saya. thx

  52. novita karina suwandhi Says:

    Selama ini saya juga kebingungan dalam mengatasi anak saya yang menurut saya hiperaktif. Tapi saya juga ga yakin apakah anak saya hiperaktif atau aktif taraf wajar. Sehingga saya ingin bertanya bagaimana cara atau saya harus kemana atau berbuat apa untuk mengetes anak saya agar saya tahu bahwa anak saya hiperaktif atau bukan? Kemudian pertanyaan saya yang kedua bagaimana cara saya atau dimana saya agar bisa mendapatkan buku tersebut yang dimaksud karena saya juga tertarik dan harganya berapa? Terima kasih banyak atas informasinya dari tulisan yang Anda sampaikan kepada kami para orang tua yang memiliki anak yang menderita ADHD, dan saya tunggu jawaban atas pertanyaan saya kepada siapapun yang ingin memberikan informasinya untuk saya, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih. Saya tunggu ya……………….

  53. devi ang Says:

    saya punya ank usia 4th.. saya sll dibuat bingung dg segla tingkh lakunya yg tdk prnah bsa diam. tkadang smp saya naik pitam krn dia susah skali dikendalikan. selalu marah kalo ada sesuatu yg tdk cocok dg keingnannya, tidak pernah bsa berhenti dan duduk tenang. apalagi kalau banyak orang sepertinya dia cari perhatian. suka menjahili temannya dan ga pernah takut dg siapapun… mohon kejelasan ttg kondisi buah hati kami.. bagaimana kategori yg pasti ttg ank hiperaktif????

  54. Yunita Says:

    Anak saya Hiperaktif, umur 5th guru TK nya menyarankan untuk dimasukkan SD karena dianggap pengetahuannya sudah cukup.
    Umur 6 th mengikuti terapi sikap dan terapi obat (Ritalin) sampai saat ini sudah umur 7th kelas 3 SD, sekolah berjalan lancar.. intinya anak Hiperaktif sama sekali bukan anak bodoh!
    Bill Gates juga hiperaktif loh!

  55. fara Says:

    salam kenal bu…

    anak saya di diagnosa hiperaktip oleh psikolog sekolahnya dan di nyatakan harus mnenggunakan shadow teacher,karna anak saya tdk dapat mengikuti plajaran dgn baik dan rentang phatiannya pendek…sangat tdk fokus….terus terang karna saya tdk puas dgn pendapat sekolah,lalu saya mencari second opinion…saya melakukan assement di 2 tempat yg bbeda,dan anak kami dinyatakan adhd…saran dr mereka kami hrus anak kami hrus mengikutu terapi sikap n terapi edukasi di klinik tersebut…alhamdulilah saya puas dgn saran ini,saya tdk mau memakai shadow teacher sperti yg skolah minta.kami sgt membutuhkan saran sperti ini yg bisa membantu p[erkembangan anak kami…shingga bisa lbh fokus dll dalam sgala hal…anak kami baru kelas 1 sd skr…terapi baru akan mulai awal feb nanti. terus terang saya merasa telat menilai penyimpangan perilaku anak saya…seandainya saya tau dr dulu,mungkin anak saya skr akan jauh lebih baik….
    memang saya hrus belajar mengahdapi anak adhd, seringkali dia bentak2 saya,tdk tatat aturan,egois,tdk fokus…dan saya kesel klo ada yg meneriaki anak saya ” dasar anak nakal dll” saran saya untuk ortu yg mempunyai anak adhd” kita hrus lebih sabar…memang akan banyak waktu, tenaga n biaya yg terkuras….dan jgn pernah membedakan mereka dgn anak lainnya… o iya saya mau tanya,dimana saya bisa membeli buku anda? dan apakah wajib anak adhd hrus bsekolah di skolah insklusi? trimakasih ibu…..

  56. Titik Tri S. Says:

    Bagaimana cara dan mendapatkan buku Anak Hiperaktif, Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif Dan Gangguan Konsentrasi Karya Ferdinand Zaviera, karena saya sudah mencari di toko buku se Sidoarjo dan Surabaya tidak ada, mohon informasinya karena saya sangat membutuhkan buku itu untuk membantu mengatasi anak saya yang mempunyai ciri-ciri tsb diatas. Terima kasih.

  57. dyah fitria padmasari Says:

    waauu….ibu hebat…………makasih ya infonye…mudah-mudahan ilmunya menular padaku gicu……. suwun bunda!

  58. Novi tadete beng Says:

    TKB…mba utk infox..

  59. Aini Says:

    Cara mendidik anak hyperaktif umur 8 tahun gimana ya?

  60. Sore nie…Eh ibu ibu dari sekian pertanyaan yang ibu ibu postkan ga tanggapan ya..Hua ha..Ha.Salah ibu-ibunya sih tanya mulu sebenarnya dari sekian banyak blog memposting hal seperti ini baca dong ah..Cape deh!!

  61. [...] sumber:http://aaxu.wordpress.com/2008/02/20/mengenal-anak-hiperaktif-sejak-dini/C Download doc Download Pdf Did you like this? Share it:Tweet Comments (0) [...]

  62. lisa Says:

    apa sih yg membedakan anak aktif dgn hiperaktif?knp anak hiperaktif sll di bilang nakal dan akhirnya menjadi bahan pembicaraan org?bukannya anak hiperaktif adalah anak yg cerdas, yg justru memiliki kemampuan lebih, yg org lain tdk tahu.

  63. marsya Says:

    kenapa dokter menyukai anak yg hiperaktif (bukan anak autish)?bagaimana penanganan jika menghadapi anak hiperaktif?

  64. Yun Says:

    Anak saya 9 th Hiperaktif…
    cerita saya sekilas, dulu di TK selalu bermasalah karena bandel, suka berantem, kasar dan lain-lain tetapi disisi lain umur 3 th anak saya sudah bisa membaca lancar tanpa dieja, mengenal angka sampai 100, umur 4 th sudah bisa mengenal jam dengan benar, penambahan dan pengurangan, umur 5 th (sesuai anjuran guru) masuk SD.
    DI SD masalah mulai meruncing, saya selalu mendapat panggilan guru dan kepala sekolah. Akhirnya kami memutuskan utuk konsultasi dengan psikiater anak, setelah mengikuti berbagai macam test anak saya didiagnosa hiperaktif dan mengikuti terapi Methyphenidat serta terapi tingkah laku dan konsentrasi.
    Hasilnya: nilai raportnya selalu terbaik, menang lomba matematika, menulis tugas sekolah tanpa masalah (sebelumnya perlu berjam-jam untuk mengerjakan satu soal!)

    Saya bersyukur sudah menemukan solusi tepat untuk anak saya, tapi untuk kedepannya saya akan berusaha meminimalkan pemakaian obat setidaknya apabila umur dan cara berpikirnya sudah cukup dewasa.
    Sehabis liburan musim panas tahun ini, anak saya masuk SMP bahkan jurusan IPA (bangga aja bila masuk IPA, meskipun IPS juga bagus) oh iya, saya tinggal di Jerman dan SD disini hanya sampai kelas 4 :)

    Jadi Bapak, Ibu yang memiliki anak hiperaktif janganlah khawatir.. anggap aja itu karunia, banyak orang sukses yang hiperaktif loh!
    Salam dari Ibu seorang jagoan Hiperaktif ^_^

  65. anita margaretha manalu Says:

    saya juga punya anak yg hiferaktif, memang kadang susah menghadapi anak yg hiferaktif,terkadang saya suka putus asa pada keadaan anak saya,tp saya yakin,dibalik semua ini tuhan akan mamberikan berkat yang melimpah.amin

  66. yuni Says:

    trim`s atas informasinya, saya masih bingung anak saya termasuk aktif atau hiperaktif, soalnya daya tangkap dia bagus memang kenakalannya tidak pada umumnya anak usia 3 tahun dan anak saya perempuan.

  67. zain Says:

    Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus dengan psikolog, terapi wicara, fisioterapi, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum dan pelatihan terapi bagi orang tua anak berkebutuhan khusus. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  68. novaldi Says:

    salam kenal bu….. anak saya laki2 umur 4,5 thn. sehari hari selalu aktif. belajar d Tpa blm bisa nulis lancar bu dan belum fasih mengenal angka dan huruf… bukunya jualnya ada d mana.. d gramedia jual tidak. terima kasih

  69. haryono Says:

    anak sy umurnya 2thn 4 bln namun dia blm bs bicara dg lancar yg trucap mama,papa maem pipih,dorrr.gerakannya sngt aktif .kdng2 susah dkendalikan kl diajak belajar susah konsentrasi,cenderung menghindar.tp kl ditinggal sndiri mlh suka mencoba2 sndiri contoh maen fazel,mewarnai.suka membuka2 buku dan melihat2 gambarnya tp kl diceritakan isi buku tsb lgsng mnghindar.bagaimana cara terbaik kami dlm mengarahkannya.trima kasih jzkl

  70. Anonymous Says:

    Teta:
    Saya tertarik degn buku anda d mana kah saya bsa mendapatkan buku itu. Trims

  71. Anonymous Says:

    anak sy 4 thn,tidak bs diam,makan nonton selama jalan mondar mandir.skrg dia sekolah di tpa.tp disekolah tdk mau diam dan tdk mau konsentrasi walaupun sebentar.dan skrg tdk mau masuk lg.ak binggung apa dia anak hiperaktif atau aktif..

  72. wenni prima Says:

    tq atas saran-saranny, sehingga saya bisa tahu apakah anak saya termasuk anank hiperaktif atau tidak,…

  73. [...] aaxu.wordpress.com [...]

  74. Yustine Says:

    dimana saya dapat membeli buku tersebut.terima kasih

  75. yeny fitri ningtyas Says:

    anak saya usianya 7 thn dia termasuk hyperaktif thap ringan, dia suka usil mengganggu orang lain, klo marah meldak-ledak kadang sampai membahayakan temannya.klo dipanggil dengar tapi gak langsung tanggap terkesan cuek saya sdh cukup kwalahan menghadapinya. dimana sayabisa mendapatkan buku ini ditoko gramedia ada nggak?

  76. habel kapasiang Says:

    saya adalah mahasiswa disalah satu sekolah tinggi di papua barat, semester akhir dan sedang meneliti tentang anak hiper aktif, saya sangat tertarik dengan apa yang ada tulis, dan merasa bahwa saya sangat kesulitan dalam mencari referensi tentang anak hiper aktif, dan mohon dibantu dalam hal pengadaan buku penunjang. kalau boleh tahu bagaimana cara agar saya dapat memperolh buku tersebut. trima kasih.

  77. mega permana Says:

    dimana sya bisa beli buku ini?

  78. makasih infonya bunda..sangat bermanfaat

  79. […] Untuk itu, buku ini sangat cocok dan penting untuk dijadikan sebagai buku panduan bagi orang tua agar dapat mengenali lebih dini gangguan-gangguan semacam itu. Karena pada dasarnya penanganan anak penderita hiperaktif (ADHD) dalam bentuk terapi perilaku atau obat tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak ditunjang oleh sikap kedua orang tuanya. Sikap kasih sayang dan perhatian yang cukup, serta mampu memahami kondisi si anak berdasarkan gangguan yang ia alami.:http://aaxu.wordpress.com/2008/02/20/mengenal-anak-hiperaktif-sejak-dini/ […]

  80. Eva Says:

    anak saya umur 7th , solusi agar mau menjawab pertanyaan dari orang lain gmana ea ????
    soalnya dari segi fisik anak saya pemalu

  81. yunis Says:

    Ass,,,saya mengalami kebingungan menghadapi anak sy yg menurut sy anak sy memiliki kategori hiperaktif,,,kemana sy harus konsultasi dgn fsikolog ? Keberadaan sy tinggal di bdg,mohon bantuannya

  82. salma Says:

    bosen dgerin ceritenye,kagak nyanbung!

  83. anak saya usia 2 tahun 3 bulan, aktif banget tingkah lakunya suka manjat n lari trus kalau jalan, saya kadang sampai bingung gimana cara menghadapinya, ada yang mau bantu kasih solusi g? thx

  84. musyarrofah Says:

    saya tertarik dgn buku anda, dimana saya bisa mendpat buku itu. saya di pamekasan madura

  85. Anonymous Says:

    Salam kenal’ anak saya usia 4thn lebih tp dia blm lancar bicaranya.jg sulit konsentrasi saat belajar.saya coba masuk d bimba ª∂a̲̅ kemajuan tp sedikit”. ª∂a̲̅ obat Йÿ̲̣̣̣̥ª Ɣå媪 …? Klo liat ciri” anak saya cenderung k hiperaktif.tp saya blm pernah berobat k mn” mohon penjelasan Йÿ̲̣̣̣̥ª thx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.